Inilah Analisa Untung Rugi Bisnis Jasa Rental Mobil

 

Jasa unik lainnya mungkin bisa langsung kalian lihat saja di beberapa artikel yang kami miliki. Untuk kesempatan kali ini, kami akan memberikan sedikitnya sebuah analisa dari Untung Rugi ketika kalian sedang menjalankan bisnis dari Rental Mobil. Rent Car atau penyedia dari jasa Sewa Mobil di beberapa tahun belakangan ini memang sudah menjadi trend bagi sebagian besar kalangan masyarakat yang ada di Indonesia. Banyak sudah para pendatang yang masih baru, memulai untuk terjun dalam meramaikan dunia persaingan usaha sewa menyewa kendaraan roda 4 ini. Semua yang membuka usaha tersebut selalu berlomba-lomba mencari siapa yang terbaik dan bisa merebut para pelanggan dengan berbagai cara atau strategi manapun itu. Dari mereka semua memulai untuk promosi melalui media Internet, yakni Medsos yang ada hingga memang banting setir dengan muter-muter dan menuliskan harga sewa di bagian belakang mobil tersebut. 

Mereka yang menjalankan seharusnya tahu, dengan membuka usaha ini pasti memiliki tingkat resiko berbisnis yang cukup tinggi. Bukan kami mau menakut-nakuti, hanya saja segala sesuatu yang dipertimbangkan harus ada plus minusnya bukan ? sampai detik ini kami banyak melihat adanya berbagai artikel yang lalu lalang dengan memberikan info-info menarik di Internet dalam mengulas setiap unit usaha jasa dari persewaan mobil dengan sudut pandang keberhasilannya saja, untuk kepahitan dalam kegagalan jarang sekali diberitahukan bukan ? jadinya, jomplang atau tidak ada keseimbangan dengan penggunaan dari Analisa Resiko kerugian yang sewaktu-waktu menimpa kalian sebagai Owner resmi. 

 

Melihat Analisa Untung Rugi Bisnis Rental Mobil 

Memang ada benarnya juga, dalam dunia bisnis rental mobil ini masuk ke dalam profit yang menjanjikan atau sangat menggiurkan sekali. Banyak sudah para pengusaha muda yang sukses bisa meraup banyak sekali keuntungan di dalamnya dengan Nilai ratusan juta rupiah dari adanya bisnis sewa mobil pribadi, bus pariwisata, lalu Truck, Pickup, sampai pada tour and Travel juga akan selalu tersedia bisnis jasa sewa mobil ini. Agar nantinya info dari analisis untung rugi ini semakin terasa seimbang, maka disini kalian bisa melihat secara langsung beberapa informasi mengenai untung dan rugi dalam menjalankan bisnis tersebut di bawah ini : 

 

Analisis : Keuntungan Awal Memulai Bisnis Rental Mobil 

Kalau sudah berbicara untung, pasti di pikiran kalian sudah Duit…Duit…dan Duit… jelas, yang namanya membuka usahakan membutuhkan profit kemasukan bagi modal balik yang ada. jadi , dalam hal membuka sewa mobil kalian bisa mendapatkan keuntungan secara analisa yang ada seperti : 

1.1 Bisa Mengelola Sendiri Bisa Juga Tidak 

Jadi untuk usaha sewa mobil ini, kalian bisa jalankan perorang atau melalui rekan yang ada. Hal ini dinamakan dengan sistem kemitraan atau kerja sama diantaranya : 

  1. Menggunakan sistem kemitraan – sudah pasti, ini akan adalah sistem bagi hasil di kemudian hari. Jika nantinya mobil tersebut sudah disewa resmi oleh pelanggan, maka pemilik bisa mendapatkan bagian sesuai dengan perjanjiannya dari 70% banding 30% untuk si mitra , atau 65% banding 35% buat si mitra yang semuanya tergantung dari kesepakatan awalnya. 
  2. Menggunakan Sistem kontrak namun Bulanan. Disini perusahaan rental mengontrak mobil kalian untuk bisa direntalkan kembali namun, dari adanya penyewa atau tidak tetap saja bukan? kalian sebagai pemilik masih bisa menikmati hasil yang ada. 

Dengan begini, kalian selaku pemilik kendaraan akan memiliki Passive Income dan sangat cocok untuk dijalankan oleh kalian para Karyawan, PNS, Mahasiswa atau ibu-ibu yang sudah direstui oleh suami sebagai bisnis sampingan. 

2.2 Pasar Rental Lebih Luas 

> Mobil yang kalian miliki minimal sekali Sedang, SUV, Minibus, Jeep yang pastinya akan disewa untuk melakukan bepergian seperti : Acara Pernikahan, Wisata Keluarga dll. Bahkan Minibus bisa untuk Gathering Kantor lho penyewaannya. 

> Jika punya bus wisata, sudah pasti akan sering disewa untuk rombongan ibu-ibu berwisata atau anak sekolah study tour. 

> Jika memiliki truck, Pick Up otomatis mengantar barang atau sebagai tempat ekspedisi barang-barang Industri dan penyewaannya sudah pasti rada mahal nih. 

> Jika adanya Tronton dan beberapa alat berat lainnya, sudah pasti kalian akan di kontrak oleh perusahaan pertambangan dan perkebunan yang ada di luar Pulau sebagai transportasi dari Eksploitasi hasil alam. 

3.3 Bisa dengan Modal atau Tidak dengan Modal

Disini kalian bisa memanfaatkan kendaraan dari mitra bisnis yang caranya tadi sudah kami jabarkan diatas. Disini kalian hanya tinggal mencari saja client dan mengelola rental tersebut dengan sangat cerdas. Bisa juga dengan kredit mobil untuk direntalkan dan DP nya dimulai dari 10jt sampai dengan 20jt maka kalian sudah memiliki armada yang pas untuk bisa disewakan. Hasilnya nanti, bisa nih untuk dipakai angsuran perbulannya. 

4.4 Analisis Laba Rental Mobil yang Menggiurkan 

Kita buat sesimpel mungkin, dimana sebagai contoh : tarif sewa perhari kalian patok dengan harga Rp. 500.000 ( ini lepas kunci, namun supir dengan bbm belum terhitung ) dengan jenis Mobil Avanza / Xenia. Laba kotor di perhitungkan 500.000×30 hari = 15 juta rupiah. Bisa saja nantinya kalian potong 4 juta untuk angsuran dan masih memiliki sisa sebesar 11 juta sebagai pegangan utama yang kalian miliki. 

 

Analisis : Resiko Awal Memulai Bisnis Rental Mobil 

Keuntungan yang kalian lihat di atas tadi, menjadi keuntungan yang sangat menggiurkan bukan ? namun dalam hal ini, masih ada nih kerugian atau resiko yang jelas bisa kalian ketahui sekarang juga : 

1.1 Tingkat Persaingan semakin tinggi dan ketat

Memang dalam dunia bisnis akan ada tingkat persaingan yang begitu ketat dan tinggi. Apalagi jika kalian membuka bisnis ini di kawasan Jabodetabek, bandung, Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Namun masih ada kok solusi dalam mengatasi masalah tersebut yakni : Jangan mudah terpancing begitu saja dengan ikut main perang harga, memberikan pelayanan yang sangat amat berbeda, sampai dengan gencar memberikan promosi. 

2.2 Resiko akan kehilangan Mobil yang kalian miliki

Pahit-pahitnya yang memang sangat mengkhawatirkan sudah pasti takut akan kehilangan mobil yang kalian miliki. Hal ini sangat dikhawatirkan, dimana jarang sekali ada perusahaan Asuransi yang sudah mengcover kehilangan karena sebuah tindakan penggelapan atau masuk ke ranah penipuan. Nah, untuk bisa mengatasinya maka kalian bisa meminimalisir menggunakan cara : 

> Memasang GPS atau sebuah alat pelacak

> Harus berhati-hati dalam memilih calon penyewa yang baik

> Memberikan perketatan syarat dalam menyewakan kendaraan ( misal penahanan dari KTP atau sejenis dari kartu identitas yang dimiliki )

> Menyewakan mobil dengan sistem dari lepas kunci kepada “ ORANG YANG JELAS “ 

> Selalu mengecek langsung kondisi kendaraan baik sesudah atau sebelum menyewakannya. 

3.3  Minus Terkadang akan Resiko Kecelakaan di Jalan 

Untuk bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan, maka kalian bisa menggunakan cara : (1) Menyewakan langsung kendaraan-kendaraan yang sudah benar-benar sehat, (2) Memastikan kembali pengemudi memiliki SIM, (3) Selalu mengingatkan adanya penyewa agar jauh lebih berhati-hati. 

4.4 Menghindari Resiko Konsumen atau Mitra yang Tidak Membayar Sewa 

Nah, secara simpel untuk menghindarinya seperti : 

> Syarat awal harus bayar uang sewa di muka

> Harus membuat sebuah perjanjian sewa menyewa dengan Klausula yang benar-benar jelas. 

> Membuat setidaknya  Perjanjian kontrak tertulis diatas materai jika terjadi sesuatu dengan mobil yang kalian sewakan tersebut. 

> Langsung melakukan tarik balik saja mobil kalian jika si penyewa ini menunjukkan sebuah gelagat yang notabennya tidak baik-baik saja. 

Sebagai penutupnya yang masih menjadi kunci utama dari analisis kerugian yang dimiliki adalah resiko takut tidak laku jasa penyewaan mobil ini. Biasanya si terjadi pada pebisnis yang awam dan belum mengerti perhitungan yang jelasnya seperti apa. Jadi, lebih aware dan selalu berhati-hati ketika sedang membuka bisnis apapun itu ya guys…